Expert Clinic #01 - 2024
Strengthen Your Coaching & Counseling Skills

Expert Clinic #01 - 2024

Strengthen Your Coaching & Counseling Skills

Expert Clinic yang diadakan oleh YLC pada tanggal 28 Maret  merupakan Expert Clinic pertama yang diadakan di tahun 2024. Expert Clinic kali ini mengusung tema yang sangat menarik, yaitu “Coaching and Counseling”, dimana tema ini merupakan topik yang sangat penting untuk dibahas saat ini terutama dalam lingkup pekerjaan dan karyawan, karena memberikan manfaat besar bagi perkembangan individu dan produktivitas organisasi. Tujuan diadakannya Expert Clinic dengan tema ini adalah untuk mengedukasi para audiens mengenai informasi terkait pelaksanaan coaching dan counseling yang baik dan benar untuk kemudian dapat diimplementasikan di kehidupan nyata.

Reportase Expert Clinic #01 - 2024

Expert Clinic #01 - 2024

Materi coaching dan counseling pada Expert Clinic kali ini disampaikan oleh narasumber yang merupakan expertise di bidangnya, yakni Indahinsani Purnasari dan Nanda Rafidah sebagai people solution psychologist YLC serta dipandu oleh moderator yaitu Melati Rizki. Dalam materi yang dibawakan, narasumber menjelaskan berbagai informasi mengenai coaching dan counseling, dimulai dari definisi, tujuan, teknik-teknik, tahapan, pendekatan, dan sebagainya. Target audiens Expert Clinic disini merupakan seluruh karyawan di entitas yang ada di YKBUT. Dari pengetahuan yang diperoleh dalam Expert Clinic kali ini, peserta mendapatkan solusi atas kebingungan mereka terkait topik coaching dan counseling.

Coaching dan Counseling merupakan materi yang sangat penting untuk dibahas seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesejahteraan mental dan profesionalisme di lingkungan kerja modern. Counseling merupakan interaksi antara konseli dengan konselor yang dibangun atas dasar kepercayaan untuk bekerja sama mengatasi masalah yang berpengaruh ke pekerjaannya dengan tujuan untuk membuat karyawan menyadari perbedaan/ gap antara kinerja aktual dan kinerja yang diharapkan. Narasumber kemudian menjelaskan bahwa kunci terpenting dalam pelaksanaan konseling adalah komunikasi yang terbuka dan jujur, juga penerapan active listening selama konseling berlangsung. Serupa tapi tak sama, coaching sendiri memiliki artian sebagai proses belajar yang memberi kesempatan pada coachee untuk mengoptimalkan potensinya demi mencapai kinerja terbaik. Narasumber menekankan beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang coach, diantaranya adalah kemampuan untuk membangun empati, non-judgemental, problem analysis, dan harus objektif.

Expert Clinic #1 tidak cukup hanya dengan pemaparan materi, tetapi juga diadakan pre-test dan post-test dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilaksanakan setelah pemaparan materi. Pada sesi tanya jawab ini, audiens sangat antusias yang dapat dilihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Yang tak kalah menariknya, para audiens yang menjadi pemenang peserta teraktif dan post-test akan mendapatkan hadiah menarik dari YLC. Kemudian, Expert Clinic kali ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan penjelasan terkait post activity yang harus dilakukan oleh partisipan Expert Clinic #1.

Itulah keseruan Expert Clinic #1. Diharapkan Expert Clinic #1 ini mampu mengedukasi audiens terkait pentingnya penerapan teknik coaching dan counseling dalam meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Sekian laporan dari YLC, nantikan keseruan expert clinic selanjutnya!


Start writing here...

# News
Podcast Corner #01 - 2024
Mensiasati Healthy Lifestyle Selama Bulan Ramadhan